@sratnaningw

RSS

Adzan Telinga Kanan, Iqamat Telinga Kiri

Dengan referensi kitab "Tuhfatul Habib Ala Mihtaj ila ma'rifati alfadhil Minhaj", Ada beberapa hal sunnah dilakukan apabila bayi baru lahir, yaitu :
1. Meng-adzani telinga kanan
2. Meng-iqomat-i telinga kiri

Efeknya apa? Menurut hadist, ada jin tertentu yang bernama Ummu Shibyan (US), dia suka mengikuti kelahiran bayi. Nah adzan tadi berguna agar gangguan US tidak menimbulkan efek apapun. Selain itu, agar kalimat-kalimat tauhid menjadi ilmu pertama yang didengar oleh bayi.

Sebab, memang adzan memiliki keistimewaan tersendiri, yakni bila di bacakan akan membuat setan lari. Selain itu, di sunnahkan membacakan bayi Ayat Kursi (QS. Al-Baqarah : 255), (QS. Al-A'Raf : 54), Ayat QS Al-Ikhlas di telinga kanan dan Ayat Muawwidzatain yakni (QS. Al-Falaq & QS. An-Nas)

Setelah itu di sunnahkan membacakan doa buat si bayi, yaitu :
a-ilaaha-illalla-hul adhimul halim. La illaha-illalla-hu rabbul arsyil adhim. La-ilaaha-illallahu rabbus samawati warabbul ardli warabul arsyil karim.

Lalu dilanjutkan pembacaan doa (QS. Al-Qadr : 1-5)
Dalam kitab Al-Bajuri (Hasyiah Fathul Qorib), InsyaAllah telah disebutkan sbb : "Dengan dibacakan QS. Al-Qadr ini, bayi tersebut insyaAllah tidak akan berzina seumur hidupnya".

Rekomendasi bacaan di atas tidaklah wajib, hanya alangkah baiknya dibacakan demi masa depan baik si bayi yang baru lahir.


Sumber : "Koran Harian Bangsa, Sabtu 15 September 2012, halaman : 6"

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS